PPKM Mikro Diberlakukan, Pemerintah Akan Gratiskan Swab Antigen 

PPKM Mikro Diberlakukan, Pemerintah Akan Gratiskan Swab Antigen 
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto./ Sumber Foto: Kementerian Koordinator Perekonomian.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pada 9-22 Februari 2021, pemerintah akan menggelar  swab test atau tes usap antigen secara gratis.

Upaya ini dilakukan guna mendeteksi Covid-19 gratis di wilayah desa dan kelurahan saat pemberlakuan kebijakan tersebut, khususnya dalam keterkaitannya pada pelaksanaan 3T (testing, tracing dan treatment).

Itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 8 Februari 2021 lalu. 

Dikatakan Airlangga,  tes cuma-cuma itu bagian dari upaya 3T (testing, tracing dan treatment) selama PPKM Mikro. Tes ini akan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan.

"Dilaksanakan swab-test antigen secara gratis kepada di desa atau kelurahan yang akan disediakan oleh Kementerian Kesehatan dengan menggunakan Faskes dan Puskesmas di wilayah masing-masing," tulis Airlangga.

Selain swab, pemerintah juga akan mengintensifkan pelaksanaan tracing. 
Pemerintah berjanji akan melakukan penelusuran dengan lebih intensif di setiap desa. 

Tim penelusur ini, dijelaskan dia berasal dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) TNI.

Mereka akan melakukan penilusuran kontak di tengah masyarakat.

Adapun pelaksanaan treatment dilakukan dengan  menerapkan isolasi mandiri, isolasi terpusat, dan perawatan di fasilitas kesehatan yang disesuaikan dengan kondisi pasien.  
''Jadi kondisi penanganananya nanti dikoordinasikan oleh pos jaga desa,'' kata Airlangga.

Selain peningkatan kapasitas 3T, program pemenuhan kebutuhan dasar juga disiapkan selama PPKM mikro. Pertama, pemberian bantuan beras untuk masyarakat desa zona merah. Kedua, pemberian bantuan masker kain sesuai standar untuk seluruh masyarakat desa.

Untuk itu, semua program tersebut, baik 3T dan pemenuhan kebutuhan dasar, akan dikoordinasikan oleh TNI dan Polri di tingkat Polsek dan Komando Rayon Militer (Koramil).

“Pengaturan pemberlakuan pembatasan berbagai kegiatan masyarakat yang pada level kabupaten dan kota yang diterapkan oleh Gubernur menjadi prioritas wilayah yang menetapkan PPKM mikro,” kata Airlangga usai menjelaskan tentang tes swab antigen gratis.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index